PeristiwaTabanan

Senderan Kuburan Desa Adat Marga Longsor

TABANAN, Kilasbali.com -Senderan kuburan Desa Adat Marga, Desa Marga, Kecamatan Marga, Tabanan, longsor. Peristiwa tersebut diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur Tabanan, selama dua hari.

Akibat senderan kuburan longsor tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta. Selain longsor, akibat hujan deras juga mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik di Wilayah Tabanan.

Berdasarkan informasi di lapangan, peristiwa tersebut diketahui selasa (12/7) pagi sekitar pukul 06.00 Wita.

Saksi I Dewa Putu Arsana (52) tang merupakan Kelian Adat mengungkapkan, pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dari malam sampai hari Selasa tgl 12 Juli 2022 terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Pada pukul 06.00 Wita ketika saksi keliling melihat senderan kuburan Desa Adat Marga sebelah timur dekat wantilan tergerus atau longsor.

Melihat hal tersebut saksi yang kebetulan ada di lokasi langsung mengimformasikan kejadian tersebut ke Bendesa Adat dan melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Kabupaten Tabanan.

Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Bekali Jajaran Sekretariat Pembuatan Form A

Kasi Humas Polres Tabanan, Iptu I Nyoman Subagia, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya peristiwa tersebut diakibatkan oleh hujan yang mengguyur Tabanan selama dua hari.

“Nihil korban jiwa, senderan kuburan Desa Adat Marga longsor setinggi 10 meter dan panjang 20 meter. Kerugian material diduga sekitar Rp 40 juta,” ungkapnya.

Iptu Subagia menjelaskan, ada beberapa peristiwa yang terjadi di Tabanan akibat hujan deras yang mengguyur Tabanan.

Baca Juga:  Nakes Tabanan Booster Kedua

Seperti tanah longsor di jalan yang menghubungkan Desa Pangkung Nyuling menuju Banjar Tapesan, mengwi. Pembersihan dilakukan menggunakan mesin pompa air yang bekerjasama dengan BPBD Tabanan.

Selain itu juga ada pohon tumbang di perumahan taman beji Desa Adat Beda, Tabanan. Selain itu pohon tumbang juga terjadi di jalur utama Wanasari menuju Penebel.

Baca Juga:  Dinas Pertanian Tabanan Terima 5 Ribu Vaksin PMK

Pohon tumbang juga terjadi di jalan Desa Buahan, Tabanan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan deras rata-rata kondisi kayu sudah lapuk dan gampang patah.

“Akibat pohon tumbang yang menutupi badan jalan sempat membuat arus lalu lintas terganggu, namun berkat kesigapan tim BPBD Tabanan dan Kepolisian, semua cepat teratasi dan lalulintas kembali lancar,” tegasnya.

Berita Terkait

Back to top button