TP PKK Gianyar Roadshow Peringati Hari Keluarga Nasional

Gianyar
Foto : Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra memberikan memberikan bantuan PMT ibu hamil saat Roadshow serangkaian  Hari Keluarga Nasional

GIANYAR, Kilasbali.com – Pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan 10 program pokok PKK serta serangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke-28 tahun 2021, TP. PKK Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan roadshow bakti sosial dengan menyerahkan bantuan kursi roda kepada para lansia bantuan CSR dari Bank BPD Bali, melakukan kegiatan kunjungan pemantauan tumbuh kembang anak/balita pada kegiatan posyandu dengan memberikan bantuan PMT ibu hamil dari alokasi dana BKK Provinsi Bali, serta memberikan bantuan PMT pada bayi.

Pada kesempatan itu, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan kegiatan roadshow yang dilaksanakan TP. PKK Kabupaten Gianyar merupakan kegiatan sosial dan pemberian makan tambahan bagi ibu hamil dan balita, serangkaian dengan peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke- 28, disamping melaksanakan kunjungan sosial kepada lansia atau kepada warga yang membutuhkan.

Sekaligus kunjungan ke kelompok posyandu yang ada di Kabupaten Gianyar, serta meninjau langsung bagaimana pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di masing-masing kelompok posyandu di masa pandemi. “Jangan kita merasa diri aman karena sudah tervaksin, kita abaikan prokes” ujar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Baca Juga:  Masyarakat Bali Kecewa, Jokowi Pindahkan Agenda Munas VIII Kadin

Ny. Surya Adnyani Mahayastra menambahkan dalam kunjungan sosial kali ini TP. PKK bersama dengan Bank BPD Bali Cabang Gianyar yang selalu mendukung sehingga bisa turun ke masyarakat dan memberikan bantuan kursi roda di Desa kemenuh dan Singakerta yang merupakan usulan dari anggota DPRD Kabupaten Gianyar dari Dapil Ubud, dimana kolaborasi dari TP. PKK dengan DPRD Dapil Ubud serta perbekel yang memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Jika tidak ada usulan dari bawah, barangkali kami juga tidak tahu data yang ada, sehingga ini penting kita lakukan koordinasinya” kata Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Selain memberikan kursi roda, TP. PKK juga memberikan makan tambahan yang merupakan dana bantuan dari BKK Provinsi Bali tahap kedua, dimana pemberian makan tambahan sudah pernah diberikan pada awal pandemi covid kepada ibu hamil. Sebab asupan nutrisi kepada ibu hamil dan janin harus terjaga, demi sehatnya ibu dan janin yang dikandungnya.

Baca Juga:  Pandemi, Objek Wisata Cagar Budaya Kurang Terawat

Apabila asupan nutris kurang sehat dapat menyebabkan bayi yang akan lahir akan kurang gizi, gizi buruk, akan stunting. Maka dari itu, TP. PKK selalu mengingatkan agar selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra menambahkan posyandu (pusat layanan terpadu) merupakan pusat layanan dasar yang dimiliki oleh dan untuk kita. “Posyandu ini yang membentuk masyarakat, untuk mendekatkan pelayanan dasar kepada masyarakat,” kata Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra berharap dengan adanya kelompok posyandu mendapat dukungan dari semua pihak, mulai desa serta dari anggota Dewan. Kedepannya dapat mengurangi angka kematian bayi yang baru lahir, ibu melahirkan dan ibu setelah nifas (42 hari setelah melahirkan). Kabupaten Gianyar patut bersyukur karena kasus ibu melahirkan yang meninggal dan bayi yang dilahirkan meninggal nihil di Kabupaten Gianyar.

Baca Juga:  Lomba Tembak Pistol Eksekutif, Wagub Cok Ace Unjuk Kebolehan

Setelah penyerahan kursi roda di Desa Kemenuh, Sukawati dan Desa Singakerta serta pemberian PMT ibu hamil dan PMT balita di Kecamatan Ubud  dan Sukawati, akan dilanjutkan penyerahan PMT ibu hamil dan  PMT balita, serta penyerahan kursi roda untuk Kecamatan Gianyar dan Kecamatan Blahbatuh pada Kamis, 10 Juni 2021 serta untuk penyerahan kursi roda Kecamatan Tegallalang pada senin, 14 Juni 2021.

Kepala Desa Singakerta, I Ketut Murja berterima kasih kepada ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar karena telah memberikan bantuan kepada warga desanya yang membutuhkan, berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ibu hamil dan PMT bayi/balita serta bantuan kursi roda yang diberikan kepada salah satu warganya Ni Wayan Supeni yang kakinya telah diamputasi, sehingga tidak bisa berjalan dengan normal.

“Terima kasih ibu ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar yang telah datang langsung serta memberikan bantuan kepada warga Desa Singakerta,” ujar I Ketut Murja. (ina/kb)