Urus Paspor PMI Bisa di Disnaker Gianyar

Gianyar
Foto: Sejumlah calon PMI yang sedang melakukan sesi foto dalam pengurusan paspor di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gianyar

GIANYAR, Kilasbali.com – Di masa pandemi Covid-19 ini, calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) kini tidak lagi harus jauh-jauh ke Denpasar untuk mengurus paspor. Karena Dinas Ketenagakerjaan Gianyar, juga kini siap memberikan pelayanan.

Pelayanan ini dimaksudkan agar pelayanaan kepada masyarakat, khususnya PMI yang kerap dijuluki pejuang devisa dapat pelayanan yang maksimal.

Hal itu terungkap saat pelayanan dokumen ketenagakerjaan untuk puluhan calon PMI di Dinas Ketenagakerjaan Gianyar, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga:  Pembukaan Pariwisata Ubud Setelah Vaksinasi Kedua

Pelayananan ini merupakan skema layanan pengintegrasian yang dilakukan oleh Disnaker Gianyar dengan Kantor Imigrasi Denpasar, Bali.

“Kami berupaya agar pelayanan ketenagakerjaan ini bisa lebih maksimal. Hanya saja program ini belum terjadwal dan masih bersifat temporer,” ungkap Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gianyar, Anak Agung Dalem Jagadhita.

Diakuinya, pelayanaan saat pandemi sangat memberikan dampak yang luar biasa bagi calon Pekerja Migran Indonesia. Di mana akan mampu membangkitkan gairah di saat pandemi ini. Selain itu, agar bisa memberikan kemudahan layanan utamanya untuk calon pekerja migran.

Baca Juga:  Pasar Relokasi Sukawati Diharapkan Jadi Pasar Hewan

“Ada sekitar 25 orang yang telah memiliki dokumen ketenagakerjaan. Yang mengurus paspor melalui Disnaker. Mereka mendapatkan informasi melalui lembaga pengampu,” ujarnya.

Pihaknya pun sangat bangga, karena animo masyarakat untuk mengurus pasport selalu meningkat. Namun disesuikan dengan kapasistas ketersediaan sarana dan sumberdaya.

Namun, pihaknya belum bisa memberikan layanan paspor gratis kepada calon PMI utama bagi yang kurang mampu.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Persaingan Calon Polisi Makin Ketat

“Tergantung Kondisi dan prioritas daerah, belum bisa dilakukan, apa lagi situasi pandemi,” jelasnya.

Kepala Subseksi Pelayanan Perjalanan Imigrasi Denpasar, Anak Agung Gede Rai Surya Prabawa menambahkan, proses pembuatan paspor ini membutuhkan waktu tiga hari kerja.

“Setelah proses wawancara, dan bayar di bank, tiga hari bisa langsung jadi,” pungkasnya. (ina/kb)