Nataru Berkah Nelayan Lobster Tabanan, Cuaca Bagus dan Harga Tembus

Tabanan Tokoh
Foto: Ketua HSNI Tabanan, I Ketut Arsana Yasa

TABANAN, Kilasbali.com – Hari Natal dan Tahun Baru 2020 membawa berkah bagi nelayan lobster Tabanan. Di mana pada bulan Desmber ini cuaca sangat bagus dan harga lobster size 150 gram ke atas juga bagus, bahkan tembus di harga Rp 400 ribu.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indinesia (HNSI) Tabanan, I Ketut Arsana Yasa (Sadam) mengungkapkan, pada hari libur Natal dan Tahun Baru ini membawa berkah bagi nelayan Tabanan.

Di mana pada akhir bulan Desember ini cuaca di laut cukup bagus, sehingga nelayan lobster Tabanan bisa melaut dan mendapatkan tangkapan yang lumayan.

Baca Juga:  Tabrak Bataran Sanggah, Pengendara NMax Tewas

Bahkan selain cuaca bagus, dari harga juga sangat bagus, dimana harga untuk size 150 gram ke atas tembus diharga Rp 400 ribu.

“Ini merupakan berkah bagi nelayan kita, cuaca di libur Natal dan Tahun Baru ini sangat bagus, bahkan selama sepuluh tahun terakhir cuacanya tidak pernah bagus seperti sekarang, dan yang menggembirakan lagi harganya tembus mencapai Rp 400 ribu,” jelasnya, Minggu (27/12/2020).

Sadam menambahkan, dengan harga tembus Rp 400 ribu, tentu sangat membantu nelayan di Tabanan, apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang.

Baca Juga:  Hindari Terpapar Covid-19, Polres Tabanan Ajak Masyarakat Terapkan 3M dan PHBS

Sebelumnya harga lobster hanya berada dikisaran harga Rp150-200 ribu per kilogram, namun di bulan Desember tembus Rp 400 ribu.

Sedang untuk cuaca sendiri diperkirakan akan tetap bagus sampai tanggal 5 januari 2021 nanti, jadi akan menjadi kesempatan bagi nelayan lobster di Tabanan untuk mencari tangkapan.

“Ya ini baru pertama kali harga lobster bagus, dimasa pandemi kemarin nelayan sangat terpuruk, meskipun Permen KP sudah direvisi, namun kemarin harga hanya tembus Rp 150-200 ribu per kilogram,” tambah Polistisi asal Pasut ini yang juga menjabat anggota DPRD Tabanan.

Baca Juga:  Karo Log Polda Bali Cek Pembangunan Mako Polsek Tabanan

Lanjut Sadam, dengan harga yang tembus Rp 400 ribu per kilogram, lumayan membuat nelayan Tabanan bisa bernafas, apalagi didukung cuaca yang sangat bagus. Dimana dengan cuaca bagus seperti saat ini, dalam sehari rata-rata tangkapan lobster nelayan Tabanan mencapai 2 Kg.

“Dengan size 150 gram lumayan nelayan bisa bernafars dan tangkapan cukup bagus untuk nelayan kita, dalam sehari rata-rata tangkapan mebcapai 2 Kg. Sangat lumayan, mereka bisa melaut dalam 5 hari ada hasil Rp 3,5-4 jt kan seneng kita lihat,” pungkasnya. (m/kb)